PRASASTI MARMER-PRASASTI PNPM: ARTI PENTING MENABUNG DALAM ENTERPRENEURSHIP

Jumat, 23 Maret 2012

ARTI PENTING MENABUNG DALAM ENTERPRENEURSHIP

Baik hati,tidak sombong, rajin menabung
Seorang ENTERPRENEURSHIP wajib menabung,itu yang aku dengarkan dari bisikan hati dan pemikiran malam ini.Apa yang terjadi kawan...kalau seandainya enterpreneur nggak punya tabungan,,kayak posisiku selama ini...?? ada uang dibelanjakan,ada sisa dikit segera dihabiskan,memang sich itu semua adalah untuk keperluan membeli bahan baku,untuk membeli peralatan yang rusak atau setengah rusak ataupun untuk membeli peralatan yang memang kita belum punya,yang selama ini selalu nyewa kesana-kesini .
Kawan, hidup ini memang tidak selalu mulus,dan jalan kehidupan inipun juga nggak selalu lancar,kadang ramai order kadang sepi-sepi juga.Kadang kita mendapatkan rejeki yang banyak kadang kala Blass satu bulan nggak dapat order,itulah perlunya saving atau menabung dari sebagian pendapatan kita.Bagaimana seandainya hari ini diesel anda rusak sehingga memerlukan dana yang tidak kurang dari 5 juta Rupiah harganya ..?? sedangkan disaldo kita tinggal 200 ribu? padahal kita tahu bahwa nggak pernah ada atau belum pernah denger pihak perbankan mau mendanai pembelian kredit Diesel, atau nggak pernah denger kalau ada Lembaga keuangan yang mau membiayai kredit diesel ini..?? kalau kita memaksa kredit...?? kapan lunasnya hutang..? kapan debt free nya...( Saya selalu mengingat ini karena ini adalah pelajaran pertama yang paling terkesan dari Pak Heppy Trenggono,Presiden IIBF)

Wajib,tidak bisa tidak,besok saya membatalkan keinginan istri saya yang minta baju baru,besok saya harus menunda dulu keinginan saya buat beli sepeda motor baru,besok saya harus menunda dulu keinginan anak saya buat beli HP baru,atau keinginan -keinginan non priority lainnya.Saya Berbicara seperti ini karena saya memang pengrajin kecil,bukan seorang pengusaha besar kawan. Jadi saldoku dibankpun juga nggak lebih dari beberapa juta saja.Kalau aku Boss besar pasti Ratusan juta...he..he..he.. ( semoga menjadi inspirasi aja buat teman-teman senasib sepenanggungan kayak aku ini )Inti dari saving adalah menunda,dan mebatalkan,say no to spending.......or say no to buy something...atau kalau ini memang agak-agak perlu katakanlah kita pending sementara.
Pentingnya menabung adalah untuk suspensi bagi kehidupan kita,arti penting lain dari saving adalah "jogo-jogo" ( dalam bahasa Jawa: Red ), menjaga hal-hal yang buruk yang tidak bisa kita prediksikan sebelumnya, menjaga kemungkinan buruk yang tidak bisa kita ramalkan dalam bisnis ini,menjaga hal terburuk akan hal-hal yang tidak bisa kita lihat ketika sebuah proposal bisnis kita pelajari.Inspirasi dari seorang Master Bisnis terkenal,Ikhwan dari IIBF juga yang saya ingat....
" Sebuah produk Pemanas air  dari China beliau import ,melihat peluang besar beliau berinvestasi hampir 15 Milyard untuk mendatangkan barang ini promosipun beliau Blow_Up dimedia-media order datang banyak sekali ,  sebagai pemain newbie tentang eksport -import beliau akhirnya mengalami keterlambatan pengiriman barang,karena ada beberapa prasyarat dokumen penerimaan barang yang masih kurang sehingga barang beliau ditahan dipelabuhan dalam waktu yang lumayan lama,( Butuh bla-bla-bla....maaf ini juga ilmu bisnis juga makanya saya utarakan dengan bla-bla -bla..) Saat itukonsumen beliau mulai kecewa, akhirnya karena menjaga kredibilitas dan nama baik serta kelangsungan investasi yang beliau masukkan tersebut,maka beliau melakukan roadshow ( yang seharusnya Nggak perlu,karena promo sudah menyebar dan dikenal..akhirnya butuh dana lagi....) ketika hasil road show ini,ada yang berhasil dan ada yang tidak....lumayan agak pulih juga keadaan bisnis beliau, yang terakhir beliau terkendala tentang musim kemarau, ketika musim kemarau waterpump di alat ini tidak berfungsi, karena debit air yang kurang dan hanya bisa dibantu dengan waterpump tambahan yang hanya diproduksi oleh China ( sebagai pelengkap alat ini ) ,dan barang ini juga nggak ditemukan diIndonesia...." dana sudah masuk terlalu besar Saldo direkening sudah terkuras......untuk mendapatkan  Waterpump itu beliau memerlukan dana sebesar 10 Milyard lagi........" apakah anda bisa menebak nasib beliau ...??? Kalau nggak punya cadangan saving tentu investasi ini akan mandeg- jegreg. Bahkan kolaps bin KO. Kalau nggak diterusin...Bangkrut.. Jelas, kalau diterusin  dapat dana darimana....???
Kawan dari Ilustrasi diatas,nyatalah bahwa arti penting sebuah saving memang mutlak bagi enterprneur .Dan ketika kita memiliki saving yang lebih, maka kita akan bisa membuat sebuah investasi yang lain,investasi dibidang lain sebagai pendongkrak income. Benar juga kata Bu Guru ku Di TK dulu, bahwa kita harus menjadi anak yang Rajin dan pandai,baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung,,,,, wahh ternyata saya sedang sharing pelajaran dasar sebagai manusia...he...he..he...he...Selamat merenungi bersama saya juga yang belum punya tabungan .........( aslinya seperti ini ....Proooooookkk Mbanting Kopyah...)